Jurnal hubungan penggunaan kontrasepsi dmpa dengan peningkatan berat badan

Pendidikan merupakan salah satu faktor yang sangat menentukan pengetahuan dan persepsi seseorang terhadap pentingnya sesuatu hal, termasuk pentingnya keikutsertaan dalam KB.

Mekanisme kerja Suntikan KB. Kes Dewan Redaksi Editorial Board: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penggunaan kontrasepsi hormonal suntik DMPA dengan peningkatan berat badan. Salemba Medika Prawiroharjo, Sarwono. Maryani, Sarwono, Berbicara tentang kesehatan reproduksi banyak sekali yang harus dikaji, tidak hanya tentang organ reproduksi saja tetapi ada beberapa aspek, salah satunya adalah kontrasepsi.

Suntikan KB Suntikan KB adalah suatu cara kontrasepsi dengan jalan menyuntikan hormon pencegah kehamilan kepada wanita yang masih subur. Edisi 2. Metode Antara tahun sampaiwanita yang menggunakan DMPA untuk kontrasepsi diidentifikasi di tiga klinik kedokteran keluarga di Memphis, Tenn.

Dilihat dari segi digunakan. Pekerjaan dari peserta KB dan suami akan mempengaruhi pendapatan dan status ekonomi keluarga. Hal ini disebabkan progestin dengan perubahan berat badan. Kepada semua pihan terutama bidan dan petugas kesehatan lain dapat memberikan konseling tentang efek samping KB DMPA sehingga tidak ada kekhawatiran dari akseptor KB dalam penggunaan alat kontrasepsi.

Sebagai kekurangan, ukuran populasi penelitian ini relatif kecil, dan para partisipan mungkin memiliki karakteristik tidak teridentifikasi yang akan menimbulkan variabel-variabel signifikan.

HUBUNGAN LAMA PENGGUNAAN KB SUNTIK DMPA DENGAN PENINGKATAN

Ibu mengatakan akhir-akhir ini Desa Wedarijaksa terdapat 88 peserta KB merasa terganggu dengan kenaikan berat aktif yang terdiri dari, IUD 0 akseptor, badan yang dialaminya karena berat MOP 0 akseptor, MOW 0 akseptor, Implant badannya bertambah 0,5 kg. Manfaat Bagi Peneliti lain atau selanjutnya Menambah pengetahuan dan wawasan baru tentang metode penelitian serta mampu mengaplikasikan dalam praktek dan sebagai data dasar untuk penelitian lebih lanjut yang berkaitan dengan kontrasepsi.

Rineka Cipta Arum, S. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. In addition, there is increased body weight in DMPA contraceptive usage. Contraception has good effecacy, but it has some side effects.

Manfaat Teoritis Menerapkan ilmu yang didapatkan dalam meningkatkan perkembangan ilmu kesehatan secara nyata khususnya mengenai peningkatan berat badan dan bagi peneliti selanjutnya dapat digunakan sebagai referensi dalam penelitian selanjutnya tentang KB.

Hartanto, Hanafi. Sampel adalah akseptor yang telah menggunakan kontrasepsi DMPA minimal delapan kali, dengan jumlah 40 akseptor. Survey awal terhadap 10 akseptor, 6 orang menggunakan KB DMPA selama 3 tahun, pada tahun ke dua sampai ke ketiga terjadi kenaikan berat badan sebanyak kg dan 4 orang selama 1,5 tahun mengalami kenaikan 1,5 kg.

Kontrasepsi suntik intramuseular ke dalam tubuh wanita secara KB merupakan jenis kontrasepsi hormonal periodik setiap 3 bulan sekali, dengan yang bahan bakunya mengandung preparat keuntungan sangat efektif dengan angka estrogen dan progesteron Everett, Kriteria eksklusi Kriteria eksklusi mencakup 1 perdarahan vaginal yang tidak terdiagnosa pada saat terapi DMPA dimulai, 2 riwayat kehamilan saat sedang menjalani terapi DMPA, 3 ketidakpatuhan terhadap resimen suntik DMPA berhenti menggunakan4 mendapatkan DMPA dengan alasan selain sebagai terapi kontrasepsi, dan 5 grafik yang tidak lengkap.

The purpose of this study was to determine the relationship between the use of injectable hormonal contraceptive DMPA with weight gain. Tingginya laju Kependudukan dan Keluarga Berencana pertumbuhan yang tidak diiringi Nasionaldalam upaya membangun peningkatan kualitas penduduk ini terus penduduk yang berkualitas maka dilakukan upaya penanganan yaitu dengan pemerintah memberikan perhatian besar program keluarga berencana Sri terhadap pembangunan sumber daya Handayani, Kelemahan dari kontrasepsi suntik adalah terganggunya pola haid diantaranya adalah amenorhoe, menoragia dan muncul bercak spottingterlambatnya kembali kesuburan setelah penghentian pemakaian, pertambahan berat badan 2 kg dari berat badan pada kunjungan pertama Saifuddin, The sample was the acceptors who had used DMPA contraception at least eight times, comprising 40 acceptors.

Indeks massa tubuh dihitung untuk masing-masing individu dan digunakan sebagai pengidentifikasi untuk penentuan kelompok. Salah satu upaya untuk Program pelayanan Keluarga meningkatkan kualitas penduduk yaitu Berencana KB merupakan salah satu mengatasi pertumbuhan penduduk, dengan pilihan yang biasa dilakukan untuk menetapkan program Keluarga Berencana menjarangkan kehamilan.

Akseptor KB merupakan pasangan usia subur karena mempunyai kesempatan lebih banyak untuk reproduksi Hartanto, Agus Supriyanto Penerbit Publisher: Akseptor Keluarag Berenca yang diikuti oleh pasangan usia subur di bagi menjadi 3 macam: Depkes RI.

Temuan-temuan ini bisa bermanfaat ketika memberikan konseling pasien-pasien ini berkenaan dengan pilihan-pilihan kontrasepsi, khususnya dengan pengetahuan bahwa efek-efek samping yang berkurang meningkatkan kecenderungan terhadap kepatuhan dan kepuasan pasien.

Kata kunci: Pertumbuhan penduduk di Indonesia Ada beberapa kontrasepsi yang biasa cukup tinggi setiap tahun. Jenis penelitian adalah analitik korelasi dengan pendekatan cross sectional.

Saat ini tersedia banyak metode atau alat kontrasepsi meliputi IUD, suntik, pil, implant, kontap, kondom. Untuk Pencapaian dua terjadi kenaikan berat badan kg Peserta Baru sampai dengan bulan padahal ibu mengatakan sudah mengurangi September ada peserta KB baru, porsi makan yang dikonsumsinya dari porsi yaitu IUD 15 akseptor, MOP 0 akseptor, banyak menjadi porsi sedang dalam MOW 30 akseptor, Implant 40 akseptor, kesehariannya.

A sample of 46 people who were taken with total sampling technique.

HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN KONTRASEPSI HORMONAL SUNTIK DMPA

Tampaknya terjadi karena terasa nyaman, sehingga mereka bertambahnya lemak tubuh, dan bukan tidak merasa kesulitan dalam ber karena retensi cairan tubuh.HUBUNGAN KONTRASEPSI SUNTIK DENGAN PENINGKATAN BERAT BADAN AKSEPTOR, Free Medical eBooks-Lectures- Medical Videos -pdf-journal-askep, HUBUNGAN KONTRASEPSI SUNTIK DENGAN PENINGKATAN BERAT BADAN AKSEPTOR.

Pemakaian alat kontrasepsi suntik merupakan cara yang banyak digunakan oleh para ibu namun selain manfaatnya ada berbagai macam efek samping alat kontrasepsi, untuk alat KB suntik DMPA diantaranya adalah naiknya berat badan, satu sampai lima kilogram. Studi pendahuluan di puskesmas Kota Gede II, akseptor KB suntik di Puskesmas Kota Gede II menduduki peringkat terbanyak (65,3 %).

Sedangkan. jurnal kesehatan dan kebidanan (journal of midwifery and health) hubungan lama penggunaan kb suntik dmpa dengan peningkatan berat badan pada akseptor kb di klinik pratama lestari wedarijaksa pati the relationship between the period of using dmpa and weight improvement toward the family planning acseptors in pratama lestari clinic in wedarijaksa pati sri hadi sulistiyaningsih, justgohostelbraga.comt., justgohostelbraga.com Download Jurnal Kesehatan Andalas.

; 3(3). Hubungan Antara Penggunaan Kontrasepsi Hormonal Suntik.

DMPA dengan Peningkatan Berat Badan di Puskesmas Lapai. Hubungan Antara Penggunaan Kontrasepsi Hormonal Suntik DMPA dengan Peningkatan Berat Badan di Puskesmas Lapai Kota Padang Abstrak Kontrasepsi hormonal suntik Depo-Medroxyprogesterone Acetate (DMPA) merupakan salah satu metode kontrasepsi.

ยท Dengan demikian, penelitian ditujukan untuk menentukan apakah ada hubungan antara perdarahan uterin yang meningkat atau berlebih dengan penggunaan DMPA pada wanita gemuk atau yang memiliki berat badan berlebih.

Jurnal hubungan penggunaan kontrasepsi dmpa dengan peningkatan berat badan
Rated 4/5 based on 75 review