Jurnal logika fuzzy mamdani berat badan

The linguistic input variables are used according to different rules which can be synthesized in the Table 1.

BAB III METODE FUZZY MAMDANI

Fungsi keanggotaan bahu kiri atau kanan digunakan untuk mengawali dan mengakhiri variabel suatu daerah fuzzy. Dasar pertimbangan melakukan penghitungan terhadap kebutuhan kalori harian pada penderita diabetes terdiri dari 5 variabel yaitu umur, berat badan, tinggi badan, aktifitas serta satu variabel crisp yaitu jenis kelamin.

Gemuk adalah kelebihan berat badan sebagai akibat dari penimbunan lemak tubuh yang berlebihan. Permasalahan yang akan dibahas adalah tentang metode Mamdani untuk menentukan status gizi seseorang berdasarkan IMT.

Contoh Penerapan Fuzzy Logic

Nhivekar [5]. Jika semua proposisi telah dievaluasi, maka output akan berisi suatu himpunan fuzzy yang merefleksikan konstribusi dari tiap-tiap proposisi. Pembentukan himpunan fuzzy Dalam perhitungan kalori harian penderita diabetes mellitus, terdapat variabel pendukung yang digunakan untuk melakukan perhitungan yaitu umur, tinggi badan, berat badan, aktivitas, dan jurnal logika fuzzy mamdani berat badan kelamin.

Hal ini tidak terlepas dari makanan yang dikonsumsi setiap harinya. Kebutuhan energi basal atau Angka Metabolisme Basal AMB pada dasarnya ditentukan oleh jurnal logika fuzzy mamdani berat badan dan komposisi tubuh serta umur. Work well with linear techniques, such as PID control.

Adapun kelemahan dari Metode Fuzzy Mamdani adalah metode ini hanya dapat digunakan untuk data dalam bentuk kuantitatif saja, tidak dapat dipergunakan untuk data yang berbentuk kualitatif Salman, Himpunan-himpunan fuzzy yang mendeskripsikan semesta pembicaraan ini tidak perlu simetris, namun harus selalu ada overlap pada beberapa derajat.

Fuzzy Logic for Business, Finance, and Management. Anak - anak Dewasa 1 1 0 0 18 18 a Anak- anak Dewasa 1 0 6 12 18 24 b Gambar Perbandingan contoh a logika tegas dan b logika fuzzy dalam penentuan golongan umur Menurut Kusumadewi Variabel nilai gizi ini dibentuk berdasarkan klasifikasi indeks massa tubuh IMT.

To estimate the total calorie expenditure, the results of this calculation is still to be multiplied by a factor of activity.

Penentuan status gizi tidak dibedakan menurut umur dan jenis kelamin, karena nilai IMT tidak tergantung pada umur dan jenis kelamin. Metode ini diperkenalkan oleh Ebrahim Mamdani pada tahun Seseorang dianggap rendah bila tinggi badannya antara cm sampai cm, dianggap normal bila tinggi badannya antara cm sampai cm, dianggap tinggi bila tinggi badannya antara cm sampai cm, dianggap rendah sekaligus normal bila tingginya antara cm sampai cm, dianggap normal sekaligus tinggi bila tingginya antara cm sampai cm, dan dianggap rendah sekaligus normal dan sekaligus tinggi bila tingginya antara cm sampai cm.

Sistem Inferensi Fuzzy …………………………………………… Logika Fuzzy adalah metodologi sistem kontrol pemecahan masalah, yang cocok untuk diimplementasikan pada sistem, mulai dari sistem yang sederhana, sistem kecil, embedded system, jaringan PC, multi channel atau work station berbasis akuisisi data, dan sistem kontrol.

Penentuan Status Gizi Dalam makalah ini, himpunan fuzzy digunakan untuk menentukan status gizi seseorang. Batasan Masalah Dengan adanya permasalahan yang sering ditemui, maka perlu dibuat batasan permasalahan yang akan dibahas yaitu: Dalam hal ini penelitian akan menghitung kebutuhan kalori harian untuk penderita Diabetes Melitus, karena salah satu untuk menjaga kesehatan pada penderita Diabetes adalah menjaga pola makan atau diet.

Dasar-dasar Riset Pemasaran, Jakarta: Gambar Dan seseorang dengan berat badan 58 kg dan tinggi badan cm bila dihitung menggunakan logika fuzzy, nilai gizinya adalah Metode ini juga lebih diterima oleh banyak pihak dari pada metode Tsukamoto dan Takagi Sugeno.

Menurut Rossproses dalam menentukan titik pusat daerah fuzzy dilakukan dengan menggunakan perumusan: Variabel fuzzy persediaan Pada ilustrasi kasus 3.

Energi yang dibutuhkan perharinya didapatkan dari jumlah kalori yang kita konsumsi. Cara yang lebih gampang lagi adalah dengan cara pegangan kasar, yaitu untuk pasien kurus kalori, normal kalori dan gemuk kalori Soegondo, dkk, Jika semua proposisi telah dievaluasi, maka output akan berisi suatu himpunan fuzzy yang merefleksikan konstribusi dari tiap b.

Two input variables whose values are defined represent the fuzzy sets Three and five membership as in Table 1. The operation of the model of the irrigation controller was analyzed in three different cases of the output signals and two different memberships with three and five memberships.

Psikologi Musik. Aplikasi SPK biasanya menggunakan CBIS Computer Based Information System yang fleksibel, interaktif, dan dapat diadaptasi, yang dikembangkan untuk mendukung solusi atas masalah manajemen spesifik yang tidak terstruktur [2].

Atas kerjasamanya penulis ucapkan terima kasih.Bagaimana aplikasi metode Mamdani dalam logika fuzzy untuk menentukan status Himpunan fuzzy: Berat Badan Dimana sumbu horizontal merupakan nilai input dari. 1 analisa dan perancangan sistem fuzzy untuk penentuan beasiswa muhammad yunus 1, sistem pakar berbasis logika kabur untuk penentuan penerima beasiswa.

Berat badan turun 8. Rasa kurang enak badan Logika fuzzy pertama kali diperkenalkan oleh Prof. Lotfi A. Zaedah pada MAMDANI Metode mamdani.

ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM FUZZY UNTUK PENENTUAN BEASISWA

Terdapat tiga metode inferensi yang populer dalam aplikasi logika fuzzy, yaitu metode Tsukamoto, Mamdani, di antaranya tinggi badan, berat badan, umur. Membaca jurnal-jurnal yang berkaitan dengan penerapan logika fuzzy, Logika Fuzzy Mamdani pada Variabel Harga Adapun gambar himpunan fuzzy variabel berat badan.

Comparison of Sugeno and Mamdani Systems.

PENENTUAN KEBUTUHAN KALORI HARIAN PADA PENDERITA DIABETES DENGAN FUZZY LOGIC METODE MAMDANI

These adaptive techniques can be used to customize the membership functions so that the fuzzy system best models the data.

Jurnal logika fuzzy mamdani berat badan
Rated 5/5 based on 79 review